#

Kisah Mak Sutiah Sang Penerima Manfaat Kado Lebaran

Menghabiskan sisa hidup di masa tua dalam kondisi ekonomi berkecukupan adalah suatu hal yang menjadi dambaan bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang kenyataan tidak berjalan sesuai dengan kehendak kita.


Contohnya saja seperti nenek tua dan hidup sebatang kara yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat ini. Di usianya yang sudah tak muda lagi ia hanya tinggal sendirian dan bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ia mau tidak mau harus berkerja keras dengan menjadi seorang petani padi.

Pasalnya, sudah hampir 15 tahun berlalu pasca kepergian suami tercintanya, tidak ada lagi yang memberikan nafkah atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu, agar kebutuhan hidupnya tetap terjaga ia pun rela bekerja dengan sangat keras dari pagi hingga sore hari.

Ketika kami mengunjunginya, terlihat tubuhnya yang sudah mulai kurus dengan dibalut kulitnya yang sudah keriput. Hal itu jelas menjadi bukti bahwa Mak Ti’ah (65) sudah menginjak usia yang tak lagi muda.

Oleh karena itu, di momen bulan Ramadhan kemarin kami memberikan Kado Jompo untuknya sebagai hadiah dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri agar beban yang ia pikul selama bisa meringankan dan membuatnya tersenyum kembali.